Surabaya - Angka penjualan sapi potong jenis Bali mendominasi transaksi di Pasar Lelang Komoditas ke-89 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, di Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo karena besarnya permintaan masyarakat.

"Dominasi penjualan sapi potong mencapai 34 persen dari keseluruhan transaksi sementara pasar lelang awal tahun mencapai Rp25,243 miliar," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur, Arifin T Hariadi, dihubungi di Surabaya, Selasa malam.

Pria yang juga selaku Panitia Lelang Komoditas ke-89 tersebut, menjelaskan, pencapaian transaksi sapi potong jenis Bali kali ini telah menggeser transaksi beras yang sebelumnya menempati posisi pertama pada Pasar Lelang Komoditas ke-88 (Desember 2011).

"Saat itu, beras mencatatkan penjualan senilai Rp7,345 miliar sedangkan keseluruhan transaksi sementara mencapai Rp15,072 miliar," katanya.

Terkait pencapaian penjualan beras pada Pasar Lelang Komoditas ke-89, tambah dia, komoditas tersebut justru menempati peringkat ketiga atau membukukan transaksi Rp4,223 miliar.

"Kalau di peringkat kedua disumbang oleh penjualan sayur 'cangang' sawit Rp4,25 miliar," katanya.

Komoditas tersebut, lanjut dia, banyak dibeli oleh pembeli asal Jakarta menyusul masyarakatnya merupakan pasar potensial hasil pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan Jatim sampai sekarang.

"Tiap ada pasar lelang pedagang Jakarta selalu memborong aneka komoditas provinsi ini di antaranya beras, sapi potong, buah dan sayur-mayur," katanya.(*)