Beijing (Antara) - Presiden China Xi Jinping memerintahkan tindakan habis-habisan untuk menyelamatkan korban dan meminimalkan korban setelah gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda provinsi barat daya Sichuan Sabtu pagi.

Xi, juga sekretaris jenderal Komite Pusat Partai Komunis China (CPC) dan Ketua Komisi Militer Pusat, mengeluarkan perintah segera setelah gempa mengguncang kota Lushan, Ya`an, pada pukul 08.02 waktu Beijing.

Bencana tersebut telah merenggut 152 jiwa dan melukai lebih dari 3.000 orang pada pukul 20.30 waktu setempat.

Xi mendesak untuk memperoleh informasi bencana dengan cepat dan membuat segala upaya untuk menyelamatkan rakyatnya. Pekerjaan penyelamatan harus dilakukan dengan cara ilmiah untuk mengurangi korban seminimal mungkin, katanya.

Dia juga minta untuk memperkuat pemantauan seismik, mengambil langkah konkret untuk mencegah bencana sekunder, merelokasi orang-orang yang terkena bencana, dan memelihara stabilitas sosial di zona gempa.

Komite Pusat CPC dan Xi mempercayakan Perdana Menteri Li Keqiang untuk mengarahkan pekerjaan penyelamatan akibat gempa, yang sudah tiba di zona gempa Sabtu sore.

Dalam instruksi kepada angkatan bersenjata dan polisi bersenjata, Xi memerintahkan pasukan di zona yang dilanda gempa untuk melakukan "segala upaya penyelamatan" sejak bencana telah menyebabkan kerugian parah di daerah itu.

Pasukan harus segera dikirim ke garis depan untuk pekerjaan bantuan gempa guna menyelamatkan warga dan mengobati yang terluka, sesuai dengan instruksi.

Mereka juga telah diperintahkan untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap bencana sekunder dan membantu pemerintah daerah untuk merelokasi masyarakat yang terkena dampak, serta menjaga stabilitas sosial dari zona gempa.

Pasukan juga harus mengurus keselamatan mereka sendiri, kata Xi.

Dewan Negara, atau kabinet, telah meluncurkan tanggap darurat gempa kelas pertama. Tim darurat kementerian, angkatan bersenjata dan polisi bersenjata menuju ke zona gempa.

Pemimpin Provinsi Sichuan telah tiba di pusat gempa dan penyelamatan dan pekerjaan bantuan sedang berlangsung.

Episentrum gempa pada kedalaman 13 km, dipantau di 30,3 derajat lintang utara dan 103,0 derajat bujur timur.

Ya`an memiliki penduduk 1,53 juta dan dikenal sebagai kota kelahiran panda raksasa. Kota ini adalah sekitar 140 kilometer jauhnya dari ibu kota Provinsi Chengdu, demikian Xinhua. (*)